Feeds:
Posts
Comments

dIsclaimer :

Postingan ini berbeda dan mungkin agak sedikit menyingung perasaan beberapa pihak yang barangkali merasa pernah melakukan hal ini kepada seller.

Kronologis :

Buyer berinisial V bertanya stok barang ( Fresh Lotus Face Cream 30ml – no box harga 450rb ) di marketplace Hijau – Kami jawab ada. Lalu bertransaksilah buyer V ini, jasa pengiriman yang di pilih adalah JNE YES.

Keesokan hari barang tsb sampai & buyer chatt ke admin kami, menurut ybs kami salah kirim – yang dikirim adalah Fresh Lotus Face cream 15ml with box.

Kami check stock, ternyata memang kami salah deskripsi barang di marketplace, seharusnya 15ml with box, harga 350rb.

Menyadari kesalahan deskripsi tsb, kami balas chatt buyer V, meminta maaf dan menawarkan 2 opsi

  1. Tetap mengambil barang tsb – refund 100rb
  2. Mengembalikan barang tsb ke kami – refund full.

Buyer memilih opsi no.2

Lalu Kami juga menanyakan apakah mau di proses refundnya via MP hijau atau refund manual – Kami jelaskan kalau refund manual lebih ribet, karena barang harus kami terima terlebih dahulu – mp hijau melakukan pencairan dana – baru kami refund manual ke buyer. Benar tidak penjelasan kami ? Buat buyer yang biasa jual beli via mp Hijau pasti sudah tahu cara complaint apabila barang tidak sesuai pesanan.

Jawaban yang kami dapat dari buyer sungguh membuat kaget,

“Lbh baik anda selesaikan dgn Tokopedia dahulu baru atur bgm agar sy juga tdk dirugikan & sy menjamin barang yg sdh anda kirimkan tetap ada di sy tp sy minta uang sy yg sdh dibayarkan itu UTUH😡 “

“Klu tdk nama anda sbg penjual akan sy laporkan ke pihak yg berwajib😡 “

Lalu kami jawab :

“ini uangnya masih di tokopedia sis. belum ada sama kami. kalau tdk percaya silakan kontak cs tokopedia aja biar jelas. kalo mau refund via toped juga ada prosedur. barang di kirim balik – kami terima – lalu toped akan cairkqn dana kembali ke pembeli. pls be smart buyer.. coba di baca baik2 cara komplaint via toped biar nggak salah paham ”

Kami menyertakan screenshot tombol bantuan pada mp hijau untuk memudahkan buyer memproses complaintnya via aplikasi mp hijau.

Panjang cerita, buyer masih menuduh kami memanipulasi dan berniat berbohong dan sengaja melakukan hal tsb untuk mendapatkan uang lebih. Energy yang kami keluarkan untuk melayani customer ini sepertinya lebih mahal dari margin yang kami dapat 😀

Buat para buyer yang budiman, apabila ada mendapatkan masalah dengan produk yang diterima, silakan hubungi seller ( kami ), dan di setiap marketplace, hijau, merah atau orange, akan selalu tersedia tombol complaint, lalu ada persyaratan dan prosedur yang harus di lakukan untuk setiap permasalahan. Perlu diingat kembali, selama anda belum melakukan klik konfirmasi penerimaan barang, seller tidak akan menerima dana anda, dana masih akan di tahan di marketplace.

Kami mencoba mengingatkan beberapa kali ke Buyer untuk segera klik complaint dan menyelesaikan masalah lewat apps marketplace tsb, tidak ada balasan, dan ternyata kemarin sore, sepertinya buyer klik konfirmasi penerimaan barang atau bahkan dana cair sendiri karena melewati batas waktu penerimaan ( we also dont know )  dan dana di cairkan ke saldo MP Hijau kami.

Dan kami chatt lagi si buyer untuk mengembalikan barang yang ada di tangan dia, dan kami akan melakukan refund via bank.

Again, buyer drama lagi dan menjawab

“Tlg saudara ambil di rumah sy,Jl.xxxxxxxx,Kompl.xxxxx,Jak-Sel 12440,sekalian saudara bawa bukti transfer ke BCA sy.krn sy tdk punya banyak waktu u/ kesana kemari•Syakan jamin barang saudara AMAN ada di sy,10X lbh mahal juga sy bisa beli tp sy paling tdk suka di bohongin spt yg saudara jual.

Sekali lagi kami jawab kami tidak ada niat membohongi buyer, bahkan di awal case kami sudah menawarkan 2 opsi untuk menerima atau retur. Entahlah apakah buyer ini baru pertama kali bertransaksi via marketplace, atau… entahlah.

Drama masih berlanjut, berikut jawabannya

’ Kesalahan itu saudara perbuat stlh di publikasikan ke Tokopedia & sekarang saudara memberikan hrg yg tdk sesuai dgn hrg normal.Udah saudara Engga usah banyak komen deh,krn semakin saudara komen semkn terlihat kebohongan saudara u/ mencari uang dgn jkn spt itu🤦‍♀️🤦‍♀️kasihan…sekali”

“Transfer sisa uang sy 100rb ke Bank BCA xxxx,xxxx.Hari ini sdh hrs sy terima!!!”

 

Dan finally kami jawab dengan closingan super elegan supaya kami nggak kena stroke karena melayani buyer antik;

“baru kali ini kami mendapat buyer antik seperti mbak, biasanya kl ada kesalahan, buyer tinggal klik komplain di aplikasi topednya, lalu kami approved. ini mbaknya nggak ngerti cara komplen pake toped, minta refund manual tapi tdk mau ngirim barangnya balik, maksa kami untuk pickup sendiri barangnya. baik mbak, kami akan info setelah dana di transfer. “

Moral of the story :

Siapapun anda, sebagai seller maupun buyer, tetap berusahalah memberikan pelayanan yang elegan,jangan terpancing emosi dengan kata kata buyer, tapi kalo sudah mengancam, buktikan bahwa anda ( selaku seller ) sudah melayani complaint sesuai prosedur.

Satu hal lagi, setiap Anda ( selaku buyer ) berbelanja di marketplace manapun meskipun anda sudah menerima barang yang anda pesan, ingatlah selalu, bahwa dana belum akan cair ke seller apabila kalian belum klik terima pesanan / konfirmasi penerimaan barang. Jadi jangan berpikir setelah kalian beli barang – lalu uangnya langsung cair ke seller 😀

Disinilah letak marketplace sebagai media penengah, apabila ada kendala atau kesulitan, mereka akan memberikan jalan tengah di setiap permasalahan. Sebenarnya untuk case ini nggak perlu drama dan berlarut larut kalau buyernya mau klik complaint – input resi pengembalian barang – setelah seller terima – seller klik terima barang – maka MP hijau akan melepaskan dana ke buyer kembali.

 

Demikianlah tulisan ini di buat dengan sebenar benarnya , nanti kita berikan screenshotnya juga buat bukti.

 

Regards, Nyonyabelanjacorner

 

Advertisements

Holla, kali ini mo nulis sedikit soal pelunasan KPR BTN, soalnya saya sendiri agak sulit menemukan informasi yang cukup soal pelunasan kredit rumah saya.

Oke flashback dulu ya, tahun 2007 saya dan pacar dulu ambil rumah sederhana di Sentul – cicilan 600rb selama 10 tahun and selesai January 2018 kemarin, and another KPR yang kami ambil adalah ketika kami sudah menikah, tahun 2011 kami ambil KPR rumah di Jaksel tahun 2011, jangka waktu 7tahun, selesai February 2018 kemarin.

Setelah selesai di debet, kita bingung, next ngapain nih ?

Berhubung rumah kami dua2nya kredit melalui BTN, setelah hubungi contact center di 1500268 saya mendapatkan info untuk mengambil sertifikat rumah, syaratnya sbb (berhubung saya domisili di Jaksel, jadi saya urus sertifikat yang di Jakarta dulu ) :

  1. Datang ke kantor BTN terdekat ( gak perlu BTN dimana kamu buka rekening atau kamu kredit ), dan lakukan proses PELUNASAN. Ini bayar loh , biayanya 100ribuan ++ , kemarin saya kena sekitar 200rban ( include. materai )
  2. Setelah Form Pelunasan di tangan kamu, hubungi BTN Cabang Utama, ( saya masuknya di BTN Cabang Jakarta Selatan – Kuningan ) , informasikan bahwa kamu mau ambil sertifikat rumah kamu, mereka butuh waktu  1×24 jam setelah pelunasan untuk cari sertifikat kamu, dalam kasus saya, saya lunasin selasa, hari kamis ini saya ke BTN Cab. Kuningan utk ambil sertifikat.
  3. Di kantor BTN , kamu akan di tagih biaya ROYA ( saya juga nggak ngerti itu apa, silakan googling sendiri, udah di jelasin tapi tetep saya gak ngeh ) sebesar Rp 250rb.
  4. Setelah itu dokumen kamu di check ulang and diserahkan langsung ke kamu, setelah di tanda tangani pejabat BTN.

Proses pengurusan memakan waktu 2 hari kerja pastinya, dan setelah kamu pegang sertifikat tanah kamu, jangan lupa kamu harus menyerahkan Sertifikat Hak Tanggungan ke Badan Pertanahan Negara ( BPN) karena rumah saya di Jaksel, jadi setelah saya googling, lokasinya di Tanjung barat.

Sertifikat itu harus di balikin ke BPN supaya nama bank BTN di sertifikat rumah kamu di hapus. Kalo nama BTN masih nangkring di sertifikat, rumah nggak bisa kamu jual. Karena dianggap masih merupakan agunan hutang kamu.

Demikian infonya, mudah mudahan membantu yaaa..

 

Ps. Setelah kamu melakukan proses pelunasan ke Bank BTN, BURUAN AMBIL SERTIFIKATNYA 

Tanya kenapa ? Karena di form yang di cetak itu, ditulis, maksimal pengambilan 15hari setelah tanggal pelunasan, lewat dari itu di kenakan biaya Rp 500,000/ bulan untuk penyimpanan sertifikat

M.O.D.A.R!

 

 

Cuaca Ekstrim


Hello jumpa lagi, tak terasa sudah 2018 aje yee

btw disini akiks mau cerita, Awal February kemarin kan emang jatahnya akiks ke Hongkong yaa, nah pas ngecek2 suhu gitu, masih 15an, ah itu mah kuat lah yaa.. beberapa kali remind Danang apa dia mau bawa longjohnnya ? Doi bilang, kagak usah, masih kuat itu mah 15 kayak di puncak.

Akhirnya packing baju2 tangan panjang, sweater zara2 gitu, sama 1 jaket bulu angsa yang gak rusak2 sejak di beli taon 2011 hahaha *jaketnya dah tuaa *, bawa jeans and legging buat bobo.

Tanggal 1 malem sampelah kami berdua di Hongkong, pas naik taksi dari Kowloon station ke hotel, padahal kaca di tutup, eh kok ya berasa tembus dinginnya. Skip, sampelah kita di Hi Inn Hostel ( dulu di kenal sebagai Wing Sing Hotel ) di Wing Sing lane, belakang Nathan road situ. Check in – naik ke kamar – berasa dingin maknyusssssss… pas ngintip suhu di accu weather, eh kok dibawah 10, real feel 8.

Makin malem, makin dingin makkk, yaoli, sampe kita tidur rebutan selimut, and you know what, most of HK hotel itu gak punya heater, karena emang selama ini suhunya konon gak pernah sedingin itu, huhuhhu.

Besokannya kami check out and went to Shenzhen,China, dingin banget sih bahkan lebih dingin dari Hongkong, nah enaknya di sini kamarnya baguuuus ( kononbintang 5 ) tapiii gak enaknya adalah harga kamar 900rb/malam, depositnya diminta 4 juta aja dong…. * pengsan. Nama hotelnya Best Western Felicity Hotel, deket banget sama Lo Wo Rail Station, selama di shenzhen hidup kami indah, balik hotel udah anget2an pake heater, bisa mandi and rendem2 badan pake air anget di bath tub.

and the next sunday , kami kudu check out and balik ke HK, karena memang ternyata di SZX nggak terlalu banyak yang bisa kami beli ( selain juga karena dingin ya siss broo jadi males kemana2 ), dan kami menghabiskan waktu 2 malam lagi di HK sampai kami kembali ke Jakarta via KUL.

Pas hari terakhir sebelum pulang, akiks nemenin Danang ketemu supplier dia yang lokasi kantornya 1 stasiun setelah Ocean Park, apa ya lupa deh namanya, nah kita tanya dong ke dia, apakah emang biasanya on february HK sedingin ini ? and she said No,

berhubung cuaca lagi ekstrim, semua orang HK juga bingung, mereka gak ada persiapan bakalan menghadapi cuaca sedingin ini, terendah adalah Suhu 8 real feel 5 pas gue disana. Mabok dehhh masuk angin booo, sampe sampe kita ke causewaybay ke Ikea, beli selimut tambahan huahahahhahahahaha.

itu aja sik, seruuu banget, dan kita bener2 bersyukur pas balik ke Indonesia, bisa pake celana pendek and kaos oblong lagi secara pas balik sini temperature 30 degrees aja gitu.

Next trip kami ke Jepang July, konon kabarnya disana lagi panas panasnya ya ?  Wah jangan sampe salah kostum lagi nih, kira2 ada yang bisa kasih info soal cuaca di Jepang during July awal ? Ditunggu yaa infonya

 


Halahhh ngikud2 istilah jaman now alias jaman sekarang, well cuman mau cerita sih, sejak 3 bulan lalu kan saya resmi jadi IRT, tadinya kepikiran mau rajin masak, rajin bikin kue, rajin bebenah rumah dan les les, bahkan niat mau ngambil S2 segala

eh tapinya dong ternyata kerja jadi online seller itu lumayan menyita waktu, jadilah tiap hari, nyaris sehari 3x kita panggil ojek online buat order makanan, boros ? tentu, tapi aku mikir lagi, berapa waktu yang harus aku habiskan untuk belanja – masak masak – cuci2 piring – and tenaga ?

padahal yang makan cuma 2 manusia dan 1 anjing yg gak makan makanan manusia.

nih ya aku kasih liat itungannya, contoh hari ini deh Sabtu 18 November 2017

Pagi :

Nasi Gudeg Komplit harga 25rb + ongkir 6rb –> bisa di makan sarapan berdua, romantis dan ekonomis — dibandingkan gue harus ke tukang sayur beli ayam separo , trus cuci2 dulu, ulek2 bumbu – goreng – cuci piring, itu baru dapet 1 lauk kl masak 3 lauk gempor dan bahan2nya jadi harus banyak deh, kalo beli harga 25rb bisa dapat  3 lauk xixixixi, kalo masak, biasanya tenaga dah abis duluan , dah gak napsu makan lagi karena capek.

Siang :

Bebek Kaleyo 2 potong 50rb, ongkir free –> nasi tetep bikin biar ekonomis, makan siang kenyang, seperti di kantor aja, jam 12 udah waktunya lunch ya kita makan, jam 1 siang kita dah duduk manis lagi depan komputer buat kerja

Malem :

alhamdulilahnya hari ini dapet sumbangan pepes ama ayam santan dari nyokap, jadi irit, tapi let say buat makan malem 50rb berdua, masih tetep lumayan kan , sehari makan 3x kira kira abis 125-150rb udah dapet lauk pauk komplit dan makanannya variatif sesuai selera kita aja.

Kalo masak kudu beli bahan mentah memang 100rb bisa dapet banyak, tapi ya gitu,masakan saya pan standar banget, daripada suami gak doyan, mending minta mas Slamet gorengin bebek aja toh ? atau minta bu Hani masakin gudeg ;p

Jangan di contoh ya pola makan seperti ini, hehehe karena tidak baik buat kesehatan dompet Anda, begitulah sekelumit cerita maha gak penting ini, jumpa lagi di next post.

btw, para pembaca disini ada gak sik yang seperti gue ? or mungkin di kantor juga gitu? pagi beli sarapan pake gojek – siang and sore pake gojek juga beli cemilan ?

3 months already..


sudah 3 bulan berlalu sejak saya melempar surat resign dan efektif 3 agustus udah cabs dari kantor lama.

banyak sekali kawan di kantor lama saya menyangsikan, apakah saya wanita kurir ambisies ini bakalan betah jadi housewife aja, and bahkan some of them bertaruh, paling banter saya cuma 1 bulan jadi housewife, sisanya pasti langsung pindah ke company lain hihihi.

sebenernya saya sendiri masih mencoba mencari ritme kerja yang baru setelah resign, yang biasanya jam 6 pagi udah di belakang setir, lalu nyetir minimal 2 jam sampe kantor – balik jam 5 teng, sampe rumah bisa 2-2.5 jam, kalo sore hujan bisa loh 4 jam, padahal cuma 19km aja…

nah sekarang ?  membiasakan diri jam 8 udah buka laptop ( sama seperti working hours ), walaupun jam 10 bisa ningkring ningkring di kasur sambil leyeh2 dan bales balesin chatt customer.

no more make up, gak perlu keluarin bensin, gak perlu pakai fancy dress, etc etc

tapiii nih ya, dengan adanya go food, bahaya banget kalo dirumah bisa sehari 3x order macam macam makanan, thats why i try membatasi jumlah nasi yang masuk, kalo enggak bisa gendats! serius banget ini.

Bekerja dari rumah tetap sibuk kok ternyata, bahkan kadang sampai jam 11 malam pun saya harus terjaga karena seru melayani pelanggan, makanya kadang saya tidur baru jam 12 malam which itu tidak pernah saya lakukan selama saya 15 tahun malang melintang di dunia corporate, paling malem kalo saya ngantor, saya tidur jam 10 – 10.30PM, bukannya gimana gimana, kalo udah tidur terlalu larut malam, saya suka sakit kepala dan nggak konsentrasi nyetir, malah bahaya kan ?

Being a full time onlineshop seller juga ternyata nggak bisa di sambi sambi masak, beberes atau sambil jalan jalan, sama sekali nggak bisa! even saya dibantu 1-2 partner, karena setiap saat ada orderan gosend -grab , belum lagi lari larian sama JNE yang mau pickup barang jam 3.30 sore. Makanya boro boro saya mau ikutan les Korea, Les Mandarin lanjutan , les piano, les masak, ah bye bye my imagination.

And kerja jadi onlineshop seller itu membuat saya harus jalan tiap bulan ke luar negri untuk cari barang dagangan, saya akan pergi sekitar 1 minggu dan itu nonstop keluar masuk mall dari jam 10 sampai jam 9 malam untuk cari barang yang bisa di jual lagi di Indonesia, seru banget kan.. yang tadinya buka PO, sekarang terpaksa harus tutup karena jumlah belanjaan saya udah terlalu banyak, jadi gak bisa terima titipan lagi kecuali benda kecil kecil.

tantangan terbesar saya kerja dirumah adalah list drama drama korea yang senantiasa muncul dan update, hah yang tadinya mau posting barang, jadi nonton, minimal 1-2 jam terbuang untuk nonton, pun juga kalo saya butuh ilmu skincare baru, saya buka buka youtube, dan end up malah dengerin lagu2 nostalgia .

itulah sekelumit kehidupan baru saya, ada yang tertarik jugakah meninggalkan dunia korporat untuk menjadi onlineseller ?

 


Oke Here we Go,

udah lama banget sih gue gak update cerita keseharian hidup, secara bosen banget kerja di kantor yang lama, trus password blog ini juga hilang entah kemana dan aku harus berkali2 mengingat loginnya pake nama apa ahahahaha.

Jadi ya setelah melewati 2tahun bersama kantor ini, gue merasa kemampuan jualan gue bukannya naik malah turun, kemampuan gue memimpin juga nggak nambah banyak karena orang orang di kantor lama gue itu susahnya minta ampun menerima instruksi, apalagi gue kategori new comers , secara yang kerja disitu rata2 udah mencapai angka 10tahunan, atas nama loyalitas, walopun tu company sempet pailit dan mereka di-PHK, trus begitu perusahaan bangkit lagi, mereka ikut lagi dong di company itu wkwkwkwk.

Sebenernya bukan itu sih yang jadi main problem, berhubung gue ini istri seorang entrepreneur alias pedagang online, gue butuh fix money yang hadir di tanggal 30 untuk bebayaran tagihan tagihan, but at the end malah gue yang minta duit duit suami untuk hal tsb karena apa ? gajian gue molor bok, not even once, tapi sering banget! Bahkan waktu lebaran kemaren, should be gajian tanggal 30 but jadi molor sampe tanggal..

 

..

..

drumroll…

 

tanggal 7 bulan berikutnya aje! alamakjang! situ oke banget pak presdir ?

dan pak presdir pun mencari alasan bla bli blu kenapa gak bisa ontime bayar gaji buruh2nya seperti saya ini, so bulat sudah tekad hamba untuk resign dari perusahaan yang makin gak jelas ini masa depannya .

Pas mendekati akhir libur lebaran, i just submit my resignation letter to pak komisaris, dan ya sempet sedih juga sih, karena i will left this company, sorry i cant contribute more, di tanya alasannya apa , ya salah satunya itu, i cant stand sama gaji telat dan lain lainnya itu.

Trus ditanya, setelah resign mau pindah kemana ?

Ouww pak komis, tekad saya udah bulat, saya mau jadi pengusaha online shop ajah, karena setelah beberapa kali ketemu sama seller2 shopee and toped di komunitas, hidup mereka asik asik aja tuh, dan duitnya banyaaak…

so, akhirnya tanggal 3 agustus kemarin, i left my title as corporate slave  for almost 14 years in various logistics company, to be an entrepreneur.

sekian dulu ah, besok lanjut lagi

 

 

 

Happy Holiday


Bohong! Padahal posisi masih kerja di kantor hahahah..

gilak ini buat recovery password aja setengah matik, karena saya lupaa waktu daftar blog ini pakai email apa .

Segala macam jenis password sudah kucoba, tapi tak bisa, sampai harus cek email lama satu satu untuk cari tahu dimana yah notifikasi perubahan password itu muncul.

Anyway, i feel blessed this year karena usaha onlineshop sudah kelihatan growthnya di bandingkan tahun lalu

Sebagaimana diajarkan di 2 company sebelumnya untuk selalu mereview  sales & omzet jualan, sekarang ilmu tsb saya aplikasikan di OLShop saya sendiri hihihi.

Sebenarnya jualan bukan mainan baru buat saya, sejak dulu di kantor DHL , ada aja barang yang saya beli di Luar Negri ( kalau pas liburan ) – bawa ke Indonesia trus jual di kantor. Sejak berkarir di TNT dulu, waktu saya banyak di habiskan di luar kantor , jadi bisnis online sama sekali nggak kepegang sih.

Nah once i moved to this company, and my company pay me to think about the strategy how to win the market, and also supervise my team, jadi ada untungnya jugalah saya di penjara di meja tiap hari jam 8 – 5 sore, jadi ada waktu untuk jualan online hahahah ( maaf jangan ditiru yah kebiasaan saya ini )

Sebelumnya sih saya main accecoris Fashion kayak tas & dompet merk Kate Spade / Coach gitu, but sejak those brand comes to Indonesia,dan jadi menjamur, ya pelan pelan males juga sih saingan sama yang hobby banting harga. Trus saya mulai coba coba jualan kosmetik dans ekaran sih mantep di Skincare, soalnya dari dulu saya lebih suka merawat daripada dandan.

 

Doain yah semoga olshop saya nantinya bisa sebesar lovebyapril atau bilikcantik yang tersohor itu, amin.

Mendekati hari natal & tahun baru, saya mengucapkan Merry Xmas & Happy Holiday buat kamu kamu yang merayakannya ^o^